Sabtu, 02 Februari 2019

Kue donat kentang enak dan mudah membuatnya

Kue donat kentang enak dan mudah membuatnya. Bagaimana sih cara membuat kue donat. Meskipun kita sering makan kue donat, namun ternyata hanya sedikit yang mampu membuat kue donat yang enak dan lembut. Jaman sekarang sudah tidak jamannya lagi bikin kue donat dengan tekstur kasar dan keras. Dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak bermunculan resep resep kue donat kreasi baru, dan salah satunya yakni resep donat kentang. Ternyata kreasi resep donat yang satu ini cukup berhasi. hal ini terbukti dengan hasilnya yang lebih lembut dan enak.

Perlu diketahui bahwa cukup banyak kreasi kreasi kue donat yang bisa anda pelajari. namun demikian akan lebih baik jika belajar dahulu cara membuat kue donat sederhana. Nah nanti kalau sudah memiliki pengalaman yang cukup. Anda bisa juga mulai membuat kreasi kreasi kue donat dengan berbagai bahan utama. Sebab ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk campuran kue donat, bukan hanya kue donat kentang saja, namun ada juga resep kue donat singkong, resep  kue donat ubi, resep kue donat original lainnya. Ini dia resep kue donat yang pertama yang bisa Anda coba praktekan. Nah berikut resep lengkap cara membuat kue donat kentang sederhana :

Resep cara membuat kue donat kentang sederhana

kue donat kentang sederhana


Bahan bahan kue donat kentang sederhana
  • 75 gram mentega atau margarin
  • 4 kuning telur
  • 11 gram ragi instan
  • 500 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi
  • 200 gram kentang kukus yang udah ditumbuk sampai halus dan udah dingin
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram gula kastor kalau nggak ada gula halus juga boleh
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml air

Langkah langkah cara membuat kue donat kentang sederhana
  1. Mulai dengan mencampurkan dulu tepung terigu, susu bubuk, garam, gula halus, dan ragi. Campur sampai rata ya, biar kecampur semua.
  2. Jika campuran bahan bubuk sudah rata, lalu masukkan kuning telur serta kentang yang sudah ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan air sedikit demi sedikit, jangan lupa sambil diuleni juga ya, hingga adonannya jadi kalis.
  3. Tambahkan mentega ataupun margarin sambil diuleni lagi hingga adonan jadi elastis dan kalis.
  4. Lanjut dengan mendiamkan adonan donat hingga kurang lebih 20-30 menit (atau bisa juga lebih lama lagi), ingat jangan lama-lama, supaya adonannya tidak ngambek. Waktu mendiamkan adonan, dapat menutup atasnya memakai serbet basah, tapi jangan sampai ada air yang menetes ke adonan. Ini memiliki fungsi agar adonan donat tidak menjadi kering.
  5. Kalau sudah didiemin, adonan dapat dikempeskan dan bentuk adonan menjadi bentuk donat, bisa juga memakai cetakan donat supaya lebihr gampang.
  6. Setelah dibentuk, maka diamkan lagi hingga kurang lebih 20-30 menit, yang ini jangan lama-lama juga ya.
  7. Lanjutkan dengan menggoreng donat kentang dengan menggunakan api kecil sampai warnanya berubah jadi kecoklatan.
  8. Setelah itu dapat mengangkat donat biar nggak gosong, lalu dinginkan. Supaya lebih menarik, kamu dapat hiasi donat dengan topping sesuai dengan seleramu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar